Saturday 1 June 2013

9 Teori Konspirasi Lukisan Mona Lisa

Mona Lisa dengan senyum rahasianya merupakan lukisan yang paling diperdebatkan di dunia. Bahkan orang awam yang tidak memiliki rasa seni pun tentu tahu tentang lukisan Mona Lisa. Beberapa orang terpesona oleh senyum rahasia dari lukisan Mona Lisa. Namun sejarawan dan ahli seni membaca lukisan terkenal lebih dari sekedar nilai estetika belaka. Kerumunan orang dari berbagai latarbelakang berkumpul di museum Louvre di Paris untuk melihat lukisan ini sepanjang waktu.
Mona Lisa juga terkenal karena dikabarkan merupakan karya favorit dari pelukis legendaris, Leonardo Da Vinci. Bahkan, ia membawanya ke mana pun ia pergi. Kedekatan lukisan dengan penciptanya tersebut telah melahirkan banyak teori konspirasi. Teori-teori konspirasi tersebut mulai dari identitas wanita dalam lukisan tersebut hingga adanya petunjuk rahasia di balik lukisan Mona Lisa.
Rahasia Mona Lisa sendiri telah diperdebatkan selama berabad-abad, bahkan hingga saat ini. Bahkan, lukisan ini telah bertahan selama 500 tahun semenjak Leonardo Da Vinci meninggal. Tetapi teori konspirasi mengenai Mona Lisa dan petunjuk rahasia di dalamnya tertangkap setelah novel Dan Brown “Da Vinci Code” diterbitkan. Novel fiksi terlaris dalam sejarah tersebut mengangkat banyak pertanyaan kontroversial tentang identitas Mona Lisa dan rahasia dibalik senyumnya. Berikut adalah beberapa teori konspirasi terpanas pada lukisan Mona Lisa.

1. Segitiga Emas
Segitiga Emas Mona Lisa
Beberapa teori percaya bahwa Mona Lisa memiliki simetris sempurna. Lukisan ini membentuk simbol piala kuno yang merupakan petunjuk langsung ke cawan suci yang penuh unsur mistis. Dan Brown telah menguraikan tentang teori ini dalam buku bestseller-nya, ‘Da Vinci Code’.

2. Amon Dan Elisa: Pria dan Wanita
Mona Lisa Man and Woman
Beberapa sejarawan menyatakan bahwa Mona Lisa adalah kombinasi dari pria dan wanita. Kata-kata Latin Amon dan Elisa bergabung untuk membentuk Mona Lisa. Hal tersebut membuat Mona Lisa cenderung sebagai seorang yang memiliki kelamin ganda atau hermaphrodite.

3. Mona Lisa Adalah Leonardo Da Vinci
Mona Lisa Adalah Da Vinci
Beberapa teori juga percaya bahwa Mona Lisa mungkin adalah versi muda dari Leonardo Da Vinci sendiri. Lukisan ini memiliki kesamaan yang menakjubkan dengan potret dirinya.

4. Mengapa Mona Lisa Tidak Memiliki Alis?
Mona Lisa Tanpa Alis
Mona Lisa tampak aneh karena dia sama sekali tidak memiliki rambut di wajahnya. Bahkan rambut alis pun sama sekali tidak ada. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa itu adalah adat bagi wanita mulia untuk mencukur alis mereka di abad ke-16.

5. Mona Lisa Adalah Ibu Dari Leonardo Da Vinci
Mona Lisa Ibu Dari Da Vinci
Beberapa saksi sejarah juga menunjukkan bahwa Leonardo mungkin telah melukis Mona Lisa sebagai gambaran dari ibunya, Caterina Da Vinci.

6. Mona Lisa Adalah Laki-laki
Mona Lisa Laki-laki
Beberapa teori telah menemukan figur seorang Mona Lisa sebagai seorang laki-laki. Fakta bahwa Mona Lisa tidak memiliki tanda-tanda payudara telah menyebabkan banyak orang percaya bahwa Mona Lisa sebenarnya adalah seorang pria banci.

7. Siapa Sebenarnya Mona Lisa
Siapa Mona Lisa
Secara historis, Mona Lisa adalah istri seorang pria Florentine. Namanya adalah Lisa del Giocondo. Tapi wanita dalam lukisan tersebut diselimuti misteri karena tidak ada bukti lain penampilan yang sebenarnya bagaimana dirinya semasa hidup.

8. Mona Lisa Sedang Hamil Ketika Dilukis
Mona Lisa Hamil
Perut Mona Lisa memang memiliki sedikit benjolan dan dia duduk dengan melipat tangannya untuk menyembunyikannya. Dan Lisa del Giocondo yang asli memang sedang hamil anak kedua ketika dia dilukis.

9. Senyum Misterius Mona Lisa
Senyum Mona Lisa
Konspirasi terakhir yang paling populer hingga saat ini adalah misteri dari senyum Mona Lisa. Dia nampak tersenyum di dalam lukisan tersebut namun matanya justru menunjukkan kesedihan. Senyum tersebut pula lah yang menjadi dasar teori konspirasi yang menyimpulkan bahwa ada petunjuk rahasia di balik lukisan Mona Lisa.